Selasa, 18 September 2012

Proposal

  • PENDAHULUAN
Tempat yang paling disenangi Allah SWT dipermukaan bumi adalah masjid dan mushalla yang didalamnya senantiasa disebut / diingat asma Allah diwaktu pagi dan petang (An – nur : 36).  Masjid merupakan suatu sarana yang paling tepat untuk melaksanakan ibadah / mendekatkan diri kepada Allah swt bagi umat islam.
Sarana ini mutlak diperlukan bagi masyarakat muslim, karena melalui wadah inilah masyarakat dibina/ ditempa menjadi masyarakat madani yang beriman dan bertaqwa melalui kegiatan keislaman berupa dakwah pembelajaran serta pemahaman dan pengamalan Al quran.
Begitu mulia kedudukan masjid didalam pandangan Allah SWT sehingga melalui masjid dapat menghantarkan diri seseorang kepada gerbang kesuksesan hidup diduniawi dan ukhrawi baik yang membangunnya maupun bagi pelaku ibadah didalamnya oleh karena itu : “Barang siapa yang membangun masjid karena taqwa kepada Allah SWT, (walaupun seperti sangkar burung) Allah SWT akan membangun baginya sebuah istana didalam surga” (hadis : Bukhari dan Muslim).
  •  DASAR PEMIKIRAN
Masjid sebagai sarana yang fundamental bagi masyarakat islam yang berfungsi untuk mendukung ragam kegiatan ibadah sekaligus sebagai tempat pembinaan sosial dalam hubungan menjalin hati persaudaraan dan kesatuan ummat islam untuk menuju terciptanya suatu mesyarakat madani.
Kehadiran sebuah masjid yang bersifat permanent di RT.001/RW.019 sudah menjadi cita-cita dan idaman semua ummat muslim yang ada, agar segera terwujud. Hal ini terlihat dari keinginan kuat semua lapisan masyarakat muslim di RT.001/RW.019
Namun kini kami menyadari bahwa kemampuan masyarakat muslim yang ada di RT.001/RW.019 Negeri Batu Merah sangat terbatas , baik dari dana, tenaga dan pemikiran, tetapi kami berkeyakinan bahwa membangun masjid adalah menjadi tanggung jawab kita bersama ummat islam dan pekerjaan mulia yang bernilai ibadah, bahkan telah mendapat jaminan dari Rasulullah SAW, sebagai amal jariah yang senantiasa mengalir pahala yang berlimpah walaupun ia telah beristirahat di alam barzah.
Kami panitia pembangunan Masjid Darrul Rahman RT.001/019 Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambno dengan tawadhu’ dan rasa hormat, mengharapkan bantuan dari bapak, agar kiranya dapat memberikan bantuan dana demi terbangunnya masjid yang ingin kita wujudkan.
  •  MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan pembangun Masjid Darrul Rahman ini adalah sebagai tempat ibadah dan untuk mendapatkan kegairahan ummat Islam beribadah kehadirat Allah SWT dan syiar Islam.
  •  WAKTU DAN TEMPAT (LOKASI)
Waktu pelaksanaan pembangunan masjid Darrul Rahman direncanakan pada pertengahan bulan Oktober. Lokasi masjid berada di RT.001/019 Negeri Batu Merah.
  •  LAHAN
                            Masjid Darrul Rahman Insya Allah akan di dirikan di atas lahan seluas 600 M2
  • ANGGARAN BIAYA 
Secara global pembangunan masjid Darrul Rahman dibutuhkan biaya sebesar  Rp 1.354.500.000,- 
Terbilang : (Satu Meliar Tiga Ratus Lima Puluh Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) Terlampir transaksi perhitungan anggaran biaya sesuai dengan harga pasar saat ini.
  •  SUMBER DANA 
Adapun sumber dana pembangunan masjid Darrul Rahman ini, diharapkan dan diperoleh dari dana awal / sumbangan masyarakat RT.001/019 Negeri Batu Merah dan sekitarnya
  •  DASAR HUKUM
1.      Al Qur'anul karim
2.  Surat Keputusan Ketua RT.001/019 Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon Propinsi Maluku Nomor 290/BT/RT/RW/IX/2012
  •  KONTAK PANITIA
Informasi Lebih jelas dapat menghubungi :
1.       Abdul Halil Fatgehipon    :    081343429333
2.      Abu Bakar Ely                :    085656265304
3.      Gazali Daties                  :    081343313177
  •  NOMOR REKENING
Bantuan Bpk/Ibu/Sdr/i sekalian dapat disalukan melalui Rekening Masjid :
1.    Nama Bank                   :    BRI Maluku
2.      Nomor Rekening           :    4870.01.013401.53.7
3.    Atas Nama                    :   Panitia Pembangunan Masjid Darrul Rahman



  •  PENUTUP
  • Demikian proposal pembangunan masjid Darrul Rahman ini kami buat, dengan harapan semoga bapak berkenan untuk memberikan bantuan kepada masjid Darrul Rahman ini, kami selalu berdoa berharap kehadirat Allah SWT, semoga Bpk/Ibu/Sdr/i dalam lindungan-Nya serta sukses selalu dalam melaksanakan tugas. Atas perhatian dan bantuan dari bapak kami ucapkan terimakasih. 


    PANITIA PEMBANGUNAN MASJID DARRUL RAHMAN
    RT.001/RW.019 Negeri Batu Merah

    Ambon, 20 Juni 2012    





    ABDUL HALIL FATGEHIPON
    Ketua






    ABU BAKAR ELY
    Sekretaris

    Menyetujui,
    Ketua RT.001/019 Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon





    M. AMIRUDIN ST


    Mengetahui,
    Pejabat Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon





    MUHAMMAD SALEH KIAT

    Tidak ada komentar: